Thursday, November 6, 2014

TIPS MENGATASI KERONTOKAN TELUR LOBSTER AIR TAWAR (LAT)

http://assets.shorelifeflorida.com/images/Egg-bearing-lobster---Florida-Fish-and-Wildlife-Commision---Amy-Buck.jpg

Telur LAT rontok? Tenang saja, ternyata penyebab mudah rontoknya telur yang suka digendong indukan lobster ini sudah diketahui. Menurut buku Panduan Lengkap Budidaya Lobster karya Agung Lukito, dituliskan bahwa jika induk-induk betina sering mengalami kerontokan telur, biasanya rontoknya telur ini disebabkan karena keasaman perairan terlalu tinggi alias nilai pH-nya terlalu rendah, kurang dari 7, maka dari itu periksa segera pH atau keasaman air budidaya!

CARA MENGATASI :

Turunkan nilai keasaman air dalam kolam
Untuk tujuan ini, tambahkan batu karang laut. Karang laut terdiri dari kapur yang bisa berfungsi menaikkan nilai pH atau menaikkan kebasaan/menurunkan keasaman. Cara lain dengan menambahkan kapur (CacO3) sedikit demi sedikit. Tapi jangan terlalu tinggi, Sob. Nilai pH jangan melebihi nilai 8. Cukup pada kisaran 7 - 8. Pemberian sedikit demi sedikit ini disebabkan kenaikan nilai pH akibat pemberian kapur sangat drastis. Penurunan keasaman juga bisa dilakukan dengan memberikan daun ketapang kering atau daun pisang kering.

Ganti air dalam kolam
Cara ini dilakukan jika kadar racun dalam sangat tinggi, misalnya amoniak (NH3) dan asam sulfida (H2S). Penggantian air dilakukan dengan membuang air dan menyisakannya sekitar 1/3 bagian. Selanjutnya masukkan air baru yang telah diaerasi atau didiamkan selama sehari.

Selain masalah keasaman, tentu saja masalah pakan dan kenyamanan juga perlu diperhatikan. Jangan sampai induk lobster air tawar (LAT) kekurangan energi dan mengalami stres.

Jika mengalami hal tersebut, segera saja ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan. Silahkan di-share yang banyak karena posting ini juga hasil menyadur secara sadis dari sini :)

SALAM KAYA DARI LOBSTER!
Load disqus comments

0 komentar