Thursday, November 6, 2014

TIPS MEMBERSIHKAN CANGKANG LOBSTER AIR TAWAR (LAT)


Siapa bilang penampilan tidak penting. Penilaian diawali dari pandangan pertama. Begitu pula dengan penampilan lobster air tawar. Penampilan lobster yang kotor atau tidak bersih bisa menurunkan harga jualnya. Tak hanya itu, penampilan lobster juga ikut mempengaruhi cita rasa. 

Memang, tidak semua lobster air tawar diperoleh dari hasil budidaya di akuarium yang relatif bersih. Ada juga lobster air tawar yang dibudidayakan di kolam tanah. Pastinya, lumpur kolam bisa ikut terangkut bersama lobster. 

Pemeliharaan lobster dalam kolam tanah juga memungkinkan banyaknya kotoran, baik berupa lumut atau parasit atau cendawan yang menempel kuat di permukaan kulit lobster. Hasilnya, lobster tampak hitam berkerak dan kotor. 

Ada beberapa tips untuk membersihkan kulit cangkang lobster agar tampak bersih dan berkilau. Jika disebabkan karena kotoran lumpur yang melekat, gunakan sikat gigi halus untuk menggosok kulit lobster. 

Jika terdapat parasit seperti bulu-bulu kotor (biasanya terdapat disungut dan kaki-kaki), beberapa pembudidaya merekomendasikan untuk direndam dengan air yang sudah dicampur garam dapur. Setelah direndam beberapa saat, parasit tersebut akan rontok dengan sendirinya. 

Semoga lobster yang dijual atau pun dihidangkan tampil lebih bersih dan elegan. Semoga bermanfaat dan silahkan di-share yang banyak karena posting ini juga hasil menyadur secara sadis dari sini :)
Load disqus comments

0 komentar