Saturday, April 19, 2014

CARA BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR


Assalamu`alaikum. wr.wb
Salam kenal, pada dasarnya bididaya lobster air tawar sangatlah mudah, sama halnya dengan budidaya ikan, dll. nngYang perlu di siapakn untukpertama kalinya adalah:
1. Menyiapkan kolam untuk menampung indukan, biasanya ukuran kolamnya lebih bsar dari pada kolam pendederan.
2. Sediakan water pump atau air rator untuk memenuhi oxigen dalam air, karena lobster membutuhkan oxigen yang cuku dalam air. Bisa juga kita menggunakan kricikan air dari watertorn.
3. Shalter, kita harus menyediaakan tempat untuk ngumpet lobster biasanya menggunakan genting atau asbes. semakin banyak shelter semakin kecil resiko kanibal antar lobster tersebut
4. Jika langkah 1,2,3 sudah siap tinggal kita mencari Indukan yang siap untukdi kawinkan.
5. Jika langkah 1,2,3,4 sudah selesai kita tinggal menyiapkan kolam untuk pendederan, cukup menggunakan kolam berkuran 2X2m kita bisa isi dengan 5 indukan gendong telur, jadi kita tinggal ngetung berapa kolam yang harus kita buat sesuai dengan jumlah indukan yang kita miliki.

CARA PERAWATAN
 Cara perawatannya sangat mudah kita tinggal memberi makan 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari. yang perlu kita perhatikan dalah jumlah pakan yang harus kita berikan tidak boleeh sampai tersisa karena bisa menimbulkan amoniak yang kurang bagus untuk kesehatan air. Porsi makan lobster beda dengan porsi makan ikan, dan lele, lobster cenderung lebih sedikit porsi makannya.
  Setiap satu bulan sekali kita perlu menguras kolam perkawinan indukan yang bertujuan untuk melihat apakah ada indukan yang sudah bertelur. Jika ad indukan yang sudah gendong telur segera pisahkan dan masukkan ke dalam kolam pendederan.
  Kita harus pelan2 dalam memindahkan indukan yang sudah gendong telur karena kalau kita tidak hati2 telur yang ada d perut induknya bisa rontok, kita harus melipat ekornya biar ekor tidak bisa bergerak.
   Di dalm kolam pendederan tidak perlu diberi media apapun karena mulai dari telur sampai menetas berada di berut induknya kita cuma perlu menyedikan genteng buat lobster ngumpet.
   Jika nanti telur sudah mulai metetas kita pastikan posisi burayak sudah tidak ada yang menempel di perut induknya, setelah itu kita ambil induknya lalu kita kembalikan ke dalam kolam perkawinan lagi. Setelah itu kita siapkan potongan pralon intalasi listrisk kita taruh di kolam yang sudah ada burayaknya biar burayang bisa ngumpet.

Demikian sedikit wawasan semoga bisa membantu. Jangan takut untuk mencoba karena rasa takut itu yang menjadi mungsuh kita dalam mencari kesuksesan. selamat mencoba semoga sukses selalu.

Wassalamu`alaikum wr.wb     
   
   


Load disqus comments

0 komentar